Bagi rekan guru yang membutuhkan soal latihan kompetensi pedagogi untuk mapel IPA, berikut saya share soal dari workshop UKG tahun 2012
1. Pak Eko akan
merancang pembelajaran untuk 40 orang siswa di SMP daerah pertanian. Rancangan pembelajaran yang
paling sesuai bagi pak Eko untuk indikator “merancang alat untuk menangani limbah” adalah........
Penugasan kelompok, project based learning pembuatan alat pengolahan sampah
organic
2.
Ibu Eni bermaksud melaksanakan pembelajaran
tutor sebaya untuk praktikum penggunaan mikroskop. Jumlah siswa
40 orang dibagi menjadi 8 kelompok. Tutor berperan dalam membantu anggota
kelompok dalam kegiatan praktikum. kriteria yang paling tepat digunakan untuk menentukan
tutor adalah...
8 Siswa yang paling terampil menggunakan
mikroskop
3.
Anita
adalah juara lomba merancang alat praktikum sederhana tingkat SMP.
Anita terkenal sebagai siswa yang senang berdebat dengan guru. Ia
juga selalu mengantuk apabila guru menjelaskan materi IPA di dalam kelas.
Kesimpulan yang paling tepat mengenai kesulitan belajar Anita adalah...
Kemampuan menyimak materi secara auditori lemah
4.
Seorang guru
melaksanakan pembelajaran dengan indikator
“mendeskripsikan pengaruh kegiatan manusia terhadap kualitas lingkungan
hidup”. Pada saat membuka pelajaran, guru bertanya kepada siswanya mengenai
apa saja yang sudah mereka ketahui tentang pelajaran yang akan diajarkan.
langkah yang dilakukan guru tersebut sesuai
dengan teori belajar….
Konstruktivisme
5. Pak Wahyu mengajar dengan KD “Mengidentifikasi jenis polusi
pada lingkungan kerja”. Pak Wahyu membagi siswa di kelas menjadi 8
kelompok
(anggota 7). Siswa diminta mengamati lingkungan sekolah dan merinci jenis dan bentuk
polusi di sekolah tersebut. Di akhir pembelajaran pak Wahyu memberikan tes
penguasaan konsep dengan soal pilihan ganda. metode dan pendekataan yang
digunakan pak Wahyu adalah….
Metode Observasi dan pendekatan Contekstual
6.
Materi
IPA SMP yang diajarkan harus
bersifat luwes, mudah
disesuaikan, diubah, dilengkapi atau dikurangi berdasarkan tuntutan dan
keadaan. prinsip pengembangan
kurikulum yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah…
Prinsip
Fleksibilitas
7.
Rumusan
Tujuan Pembelajaran yang sesuai untuk KD “Mengidentifikasi komponen ekosistem” adalah….
Setelah mengamati
kebun sekolah, siswa mampu menjelaskan
komponen biotik dan abiotik ekosistem
8. Perhatikan indikator di bawah ini:
1. menyusun alat penjernihan air sederhana
2. menjelaskan dampak asap rokok terhadap kesehatan
3. mengkomunikasikan pengaruh kepadatan penduduk terhadap kualitas lingkungan
4. menunjukkan sikap menghargai lingkungan sekitar
Indikator dan teknik
penilaiaan apakah yang paling tepat untuk KD “Mendeskripsikan dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan”
Indikator yang tepat adalah mengkomunikasikan pengaruh kepadatan
penduduk terhadap kualitas lingkungan
9.
Rancangan dan
pelaksanaan pembelajaran, salah satu prinsip yang harus diperhatikan guru adalah tanggap terhadap IPTEK. Hal-hal di bawah
ini yang sesuai dengan prinsip tersebut adalah….
memberikan
pengalaman belajar
memanfaatkan ipteks bagi peserta didik dengan memenfaatkan ipteks
10. Bu Tika mengajar konsep cara cara
penanganan limbah. Pada kegiatan awal, bu Tika memperlihatkan gambar-gambar dampak pembuangan limbah kemudian bertanya kepada siswa“apa penyebabnya? hal apa yang harus dilakukan agar tidak terjadi hal
seperti dalam gambar?”. selanjutnya bu Tika menuliskan di papan tulis materi
yang akan siswa pelajari.
Apa saja Komponen rancangan pembelajaran
yang diperlihatkan bu Tika?
Memotivasi siswa, apersepsi, menyampai-kan materi pokok
11. Pak Rahmat membelajarkan KD “Mendeskripsikan cara-cara menangani limbah”. setelah pembelajaran, Pak rahmat ingin
siswanya mampu membuat berbagai produk daur ulang limbah dari bahan kertas.
Hal-hal yang harus dilakukan Pa Rahmat agar tujuan pembelajaran tercapai
adalah….
Menyajikan slide power
point mengenai langkah membuat daur ulang kertas diikuti penugasan proyek
12. Untuk mencegah terjadinya kecelakaan saat praktikum
pengujian pengaruh konsentrasi berbagai obat anti serangga terhadap serangga,
Hal yang harus dilakukan guru adalah….
Melaksanakan
praktikum secara kelompok dengan guru dan seluruh siswa menggunakan masker
13. Untuk membelajarkan
konsep Jenis limbah yang dapat
dimanfaatkan tanpa daur ulang dan dengan daur ulang maka di antara
media
di bawah ini yang paling cocok untuk membelajarkannya adalah….
Media benda asli
14. Perhatikan pembelajaran yang
dikembangkan guru di berikut ini !
1. pembelajaran IPA dengan
pendekatan konsep
2. pembelajaran IPA dengan
pendekatan lingkungan
3. pembelajaran IPA dengan
pendekatan multidisiplin
4. pembelajaran IPA dengan
pendekatan monodisiplin
5. pembelajaran IPA dengan
pendekatan tematik
Agar keterkaitan antara konsep pencemaran lingkungan dan kehidupan sosial
manusia tercapai, pendekatan pembelajaran yang digunakan guru adalah nomor…
1,
3 dan 5
15. Hal yang
tidak boleh dilakukan dalam melakukan
penelitian adalah…..
Memanipulasi data
16. Nayla
ingin menyelidiki apakah air yang mengandung limbah pabrik penyamakan kulit
mempengaruhi kelincahan gerakan ikan mas. Agar percobaan tersebut benar, yang
bisa dijadikan variabel independent adalah…
Airnya
17. Intan ingin mengetahui waktu
yang diperlukan kecambah kacang merah untuk menghasilkan daun pertama. Kegiatan apakah yang paling tepat dilakukan
untuk percobaan tersebut?
menanam 10 buah kacang merah pada
media dan kondisi yang sama. Mengamati-nya setiap hari dan mencatat
hari ketika daun pertama muncul
18. Pernyataan
berikut yang paling tepat untuk menjelaskan tentang meningkatnya penderita
kanker kulit terkait penggunaan CFC
adalah..
pengikatan ozon oleh CFCs
akan menyebabkan peningkatan intensitas sinar UV yang merangsang timbulnya
kanker kulit
19. Air yang tercemar limbah jenis ini dapat menyebabkan penyakit disentri apabila termakan
oleh manusia. Indikator yang dapat mendukung pernyataan tersebut adalah….
Ditemukan
E. coli
20. Pencemaran udara yang dapat mengakibatkan naiknya suhu
udara permukaan bumi,
disebabkan oleh tingginya kadar gas…..
CO2
dan CH4
21. Salah satu dampak negatif dari kemajuan teknologi adalah pencemaran udara. Gas buangan yang
dapat menyebabkan pencemaran udara adalah….
CO2, CO, SO2 dan
CFCs
22.
Seorang siswa mengamati
jenis limbah yang ditemukan dalam sungai. Jika air sungai tercemar limbah industri pengolahan tahu, maka
memiliki ciri-ciri secara fisika antara lain....
Air berwarna, berasa, berbau dan
suhu berada di atas nilai suhu rata-rata air segar
23. Penggunaan
pestisida kimia pada lahan pertanian dapat menyebabkan dampak negatif secara
langsung, seperti….
matinya serangga yang membantu
penyerbukan
24.
Hujan asam dapat menimbulkan berbagai dampak
di antaranya yaitu sebagai berikut, kecuali….
Menipisnya hingga berlubangnya
lapisan ozon
25. Efek
rumah kaca adalah….
naiknya suhu
atmosfer bumi karena pencemaran
26. Salah
satu penanggulangan pencemaran tanah yaitu pembersihan off-site (ex situ). Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam
pembersihan off site meliputi:
1.
zat pencemar dipompakan keluar
2.
pemindahan tanah ke daerah yang aman
3.
tanah disimpan ke dalam tanki/bak yang kedap
4.
penggalian tanah yang tercemar
5.
zat pembersih dipompakan ke tanah
Tahapan yang benar dalam
pembersihan off site adalah….
4-2-3-5-1
Usaha-usaha pencegahan perusakan
ozon secara individu adalah
Menanam pohon di sekitar tempat
tinggal dan perkantoran
27. Interaksi antara komponen biotik dan biotik ekosistem dapat kita temukan pada
peristiwa....
Pasang surut air laut
28. Komponen biotik
ekosistem dapat berperan sebagai parasit pada manusia. komponen ekosistem serta
akibat yang ditimbulkannya yang benar adalah….
Plasmodium menyebabkan demam berdarah
29. Di suatu
padang rumput terdapat delapan ekor kijang sedang makan rumput, dari kejauhan
dua ekor induk harimau mengawasi gerak gerik kijang. Sementara di atas sebuah
pohon rindang 8 ekor burung sedang membuat sarang dan burung
lainnya sedang makan ulat daun.
Jumlah populasi dalam ekosistem tersebut berjumlah….6
30. Guru memegang peranan penting dalam setiap kegiatan belajar mengajar
(pembelajaran) Peran guru dalam pembelajaran dengan menggunakan model sinektik
adalah ....
Memilih analogi yang membantu
siswa memperluas pemikiran mereka
31. Diagram
berikut yang menggambarkan interaksi yang baik antara guru (G) dan peserta
didik (P) dalam pembelajaran adalah ….
32. Ditinjau
dari perencanaan tes dan penafsiran hasil tes, pengukuran dalam bidang
pendidikan bisa berdasarkan pada acuan norma atau acuan kriteria. Pernyataan di
bawah ini yang benar adalah….
33. Pengukuran dengan acuan kriteria harus mengasumsikan
bahwa setiap peserta didik mampu belajar apa saja, hanya waktu yang membedakan.
34. Metode
penilaian yang dapat digunakan untuk menilai pencapaian siswa dalam aspek
keterampilan yang paling efektif adalah
Tes kinerja
35. Dalam
menafsirkan hasil observasi penilaian kinerja seorang siswa, maka …
pembobotan bergantung pada aspek
yang diamati
36. Upaya
untuk menganalisis hasil penilaian proses antara lain berupa kegiatan guru...
memeriksa dan memberikan nilai
terhadap hasil catatan aktivitas tiap siswa dalam kegiatan di kelas
No comments:
Post a Comment