UPAYA
PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR FISIKA
MELALUI METODE
PEMBELAJARAN SYNDICATE GROUP
PADA MATERI
POKOK TATA SURYA
Oleh :
Sujatmiani, S.Pd
Guru IPA SMP N 5 Kepil Kabupaten Wonosobo
ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar fisika melalui
metode pembelajaran syndicate group pada materi pokok tata surya di kelas IX A
SMP N 5 Kepil kabupaten wonosobo. Sebagai subyek penelitian adalah kelas IXA
dengan jumlah 24 siswa yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 14 siswa
laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas ( classroom action research). Data
Kuantitatif didapatkan dari nilai ulangan harian setiap siklus sedangkan data
kualitatif didapatkan dari pengamatan, angket dan observasi pada saat
pelaksanaan siklus.Data kuantitatif dianalisis dengan analisis deskriptif
komparatif sedangkan data ualitatif dianalisis dengan analisis deskriptif
kualitatif. Hasil penelitian didapatkan bahwa peningkatan rata- rata hasil
belajar dari kondisi awal ke kondisi akhir sebesar 10,8 %. Peningkatan
keaktifan belajar dilihat dari keaktifan dalam diskusi kelompok, bertanya,
menjawab, melengkapi jawaban dan presentasi.Dari hasil penelitian disimpulkan
bahwa metode pembelajaran syndicate group dapat meningkatkan keaktifan dan
hasil belajar siswa.
Kata
kunci : Metode pembelajaran syndicate group, keaktifan belajar, hasil belajar.
untuk materi PTK yang lain silahkan kunjungi blog saya yang khusus PTK http://tentangptk.blogspot.com
untuk materi PTK yang lain silahkan kunjungi blog saya yang khusus PTK http://tentangptk.blogspot.com
No comments:
Post a Comment