Thursday, May 23, 2013

Latihan Soal UKG dan UKA kompetensi pedagogi khusus mapel IPA SMP


     Bagi rekan guru yang membutuhkan soal latihan kompetensi pedagogi untuk mapel IPA, berikut saya share soal dari workshop UKG tahun 2012
1.      Pak Eko akan merancang pembelajaran  untuk 40 orang siswa di SMP daerah pertanian. Rancangan pembelajaran yang paling sesuai bagi pak Eko untuk indikator “merancang alat untuk menangani limbah” adalah........
Penugasan kelompok, project based learning pembuatan alat pengolahan sampah organic
2.      Ibu Eni bermaksud melaksanakan pembelajaran tutor sebaya untuk praktikum penggunaan mikroskop. Jumlah siswa 40 orang dibagi menjadi 8 kelompok. Tutor berperan dalam membantu anggota kelompok dalam kegiatan praktikum. kriteria yang paling tepat digunakan untuk menentukan tutor adalah...
8 Siswa yang paling terampil menggunakan mikroskop
3.      Anita adalah juara lomba merancang alat praktikum sederhana tingkat SMP. Anita terkenal sebagai siswa yang senang berdebat dengan guru. Ia juga selalu mengantuk apabila guru menjelaskan materi IPA di dalam kelas. Kesimpulan yang paling tepat mengenai kesulitan belajar Anita adalah...
Kemampuan menyimak materi secara auditori lemah
4.      Seorang guru melaksanakan pembelajaran dengan indikator  “mendeskripsikan pengaruh kegiatan manusia terhadap kualitas lingkungan hidup”. Pada saat membuka pelajaran, guru bertanya kepada siswanya mengenai apa saja yang sudah mereka ketahui tentang pelajaran yang akan diajarkan. langkah yang dilakukan guru tersebut sesuai dengan teori belajar….
Konstruktivisme
5.      Pak Wahyu mengajar dengan KD “Mengidentifikasi jenis polusi pada lingkungan kerja”. Pak Wahyu membagi siswa di kelas menjadi 8 kelompok (anggota 7). Siswa diminta mengamati lingkungan sekolah dan merinci jenis dan bentuk polusi di sekolah tersebut. Di akhir pembelajaran pak Wahyu memberikan tes penguasaan konsep dengan soal pilihan ganda. metode dan pendekataan yang digunakan pak Wahyu adalah….
Metode Observasi dan pendekatan Contekstual
6.      Materi IPA SMP yang diajarkan harus bersifat luwes, mudah disesuaikan, diubah, dilengkapi atau dikurangi berdasarkan tuntutan dan keadaan. prinsip pengembangan kurikulum yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah…
Prinsip Fleksibilitas
7.      Rumusan Tujuan Pembelajaran yang sesuai untuk KD “Mengidentifikasi komponen ekosistem” adalah….
Setelah mengamati kebun sekolah, siswa mampu  menjelaskan komponen biotik dan abiotik ekosistem

8.      Perhatikan indikator di bawah ini:
1.    menyusun alat penjernihan air sederhana
2.    menjelaskan dampak asap rokok terhadap kesehatan
3.    mengkomunikasikan pengaruh kepadatan penduduk terhadap kualitas lingkungan
4.    menunjukkan sikap menghargai lingkungan sekitar
Indikator dan teknik penilaiaan apakah yang paling tepat untuk KD “Mendeskripsikan dampak polusi  terhadap kesehatan manusia dan lingkungan”
Indikator yang tepat adalah mengkomunikasikan pengaruh kepadatan penduduk terhadap kualitas lingkungan
9.      Rancangan dan pelaksanaan pembelajaran, salah satu prinsip yang harus diperhatikan guru adalah tanggap terhadap IPTEK. Hal-hal di bawah ini yang sesuai dengan prinsip tersebut adalah….
memberikan pengalaman belajar memanfaatkan ipteks bagi  peserta didik dengan memenfaatkan ipteks
10.  Bu Tika mengajar konsep cara cara penanganan limbah. Pada kegiatan awal, bu Tika memperlihatkan gambar-gambar dampak pembuangan limbah kemudian bertanya kepada siswa“apa penyebabnya? hal apa yang harus dilakukan agar tidak terjadi hal seperti dalam gambar?”. selanjutnya bu Tika menuliskan di papan tulis materi yang akan siswa pelajari.
Apa saja Komponen rancangan pembelajaran yang diperlihatkan bu Tika?
Memotivasi siswa, apersepsi, menyampai-kan materi pokok
11.  Pak Rahmat  membelajarkan KDMendeskripsikan cara-cara menangani limbah”. setelah pembelajaran, Pak rahmat ingin siswanya mampu membuat berbagai produk daur ulang limbah dari bahan kertas. Hal-hal yang harus dilakukan Pa Rahmat agar tujuan pembelajaran tercapai adalah….
Menyajikan slide power point mengenai langkah membuat daur ulang kertas diikuti penugasan proyek
12.  Untuk mencegah terjadinya kecelakaan saat praktikum pengujian pengaruh konsentrasi berbagai obat anti serangga terhadap serangga, Hal yang harus dilakukan guru adalah….
Melaksanakan praktikum secara kelompok dengan guru dan seluruh siswa menggunakan masker
13.  Untuk membelajarkan konsep  Jenis limbah yang dapat dimanfaatkan tanpa daur ulang dan dengan daur ulang maka di antara
media di bawah ini yang paling cocok untuk membelajarkannya adalah….
Media benda asli

14.  Perhatikan pembelajaran yang dikembangkan guru di berikut  ini !
1.    pembelajaran IPA dengan pendekatan konsep
2.    pembelajaran IPA dengan pendekatan lingkungan
3.    pembelajaran IPA dengan pendekatan multidisiplin
4.    pembelajaran IPA dengan pendekatan monodisiplin
5.    pembelajaran IPA dengan pendekatan tematik
Agar keterkaitan antara konsep pencemaran lingkungan dan kehidupan sosial manusia tercapai, pendekatan pembelajaran yang digunakan guru adalah nomor…
1, 3 dan 5
15.  Hal yang tidak boleh dilakukan dalam melakukan penelitian adalah…..
Memanipulasi data
16.  Nayla ingin menyelidiki apakah air yang mengandung limbah pabrik penyamakan kulit mempengaruhi kelincahan gerakan ikan mas. Agar percobaan tersebut benar, yang bisa dijadikan variabel independent adalah…
Airnya
17.  Intan ingin mengetahui waktu yang diperlukan kecambah kacang merah untuk menghasilkan daun pertama. Kegiatan apakah yang paling tepat dilakukan untuk percobaan tersebut?
menanam 10 buah kacang merah pada media dan kondisi yang sama. Mengamati-nya setiap hari dan mencatat hari ketika daun pertama muncul
18.  Pernyataan berikut yang paling tepat untuk menjelaskan tentang meningkatnya penderita kanker kulit terkait  penggunaan CFC adalah..
pengikatan ozon oleh CFCs akan menyebabkan peningkatan intensitas sinar UV yang merangsang timbulnya kanker kulit
19.  Air yang tercemar limbah jenis ini dapat menyebabkan penyakit disentri apabila termakan oleh manusia. Indikator yang dapat mendukung pernyataan tersebut adalah….
Ditemukan E. coli
20.  Pencemaran udara yang dapat mengakibatkan naiknya suhu udara permukaan bumi, disebabkan oleh tingginya kadar gas…..
CO2 dan CH4
21.  Salah satu dampak negatif dari kemajuan teknologi adalah pencemaran udara. Gas buangan yang dapat menyebabkan pencemaran udara adalah….
CO2, CO, SO2 dan CFCs
22.  Seorang siswa mengamati jenis limbah yang ditemukan dalam sungai. Jika air sungai tercemar limbah industri pengolahan tahu, maka memiliki ciri-ciri secara fisika antara lain....
Air berwarna, berasa, berbau dan suhu berada di atas nilai suhu rata-rata air segar
23.  Penggunaan pestisida kimia pada lahan pertanian dapat menyebabkan dampak negatif secara langsung, seperti….
matinya serangga yang membantu penyerbukan
24.  Hujan asam dapat menimbulkan berbagai dampak di antaranya yaitu sebagai berikut, kecuali….
Menipisnya hingga berlubangnya lapisan ozon
25.  Efek rumah kaca adalah….
naiknya suhu atmosfer bumi  karena pencemaran
26.  Salah satu penanggulangan pencemaran tanah yaitu pembersihan off-site (ex situ). Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam pembersihan off site meliputi:
1.      zat pencemar dipompakan keluar
2.      pemindahan tanah ke daerah yang aman
3.      tanah disimpan ke dalam tanki/bak yang kedap
4.      penggalian tanah yang tercemar
5.      zat pembersih dipompakan ke tanah
Tahapan yang benar dalam pembersihan off site adalah….

4-2-3-5-1
Usaha-usaha pencegahan perusakan ozon secara individu adalah
Menanam pohon di sekitar tempat tinggal dan perkantoran
27.  Interaksi antara komponen biotik dan biotik ekosistem dapat kita temukan pada peristiwa....
Pasang surut air laut
28.  Komponen  biotik ekosistem dapat berperan sebagai parasit pada manusia. komponen ekosistem serta akibat yang ditimbulkannya yang benar adalah….
Plasmodium menyebabkan demam berdarah
29.  Di suatu padang rumput terdapat delapan ekor kijang sedang makan rumput, dari kejauhan dua ekor induk harimau mengawasi gerak gerik kijang. Sementara di atas sebuah pohon rindang  8 ekor burung sedang membuat sarang dan burung lainnya sedang makan ulat daun.
Jumlah populasi dalam ekosistem tersebut berjumlah….6

30.  Guru memegang peranan penting dalam setiap kegiatan belajar mengajar (pembelajaran) Peran guru dalam pembelajaran dengan menggunakan model sinektik adalah ....
Memilih analogi yang membantu siswa memperluas pemikiran mereka

31.  Diagram berikut yang menggambarkan interaksi yang baik antara guru (G) dan peserta didik (P) dalam pembelajaran adalah ….
32.  Ditinjau dari perencanaan tes dan penafsiran hasil tes, pengukuran dalam bidang pendidikan bisa berdasarkan pada acuan norma atau acuan kriteria. Pernyataan di bawah ini yang benar adalah….

33.  Pengukuran dengan acuan kriteria harus mengasumsikan bahwa setiap peserta didik mampu belajar apa saja, hanya waktu yang membedakan.

34.  Metode penilaian yang dapat digunakan untuk menilai pencapaian siswa dalam aspek keterampilan yang paling efektif adalah
Tes kinerja

35.  Dalam menafsirkan hasil observasi penilaian kinerja seorang siswa, maka …
pembobotan bergantung pada aspek yang diamati

36.  Upaya untuk menganalisis hasil penilaian proses antara lain berupa kegiatan guru...
memeriksa dan memberikan nilai terhadap hasil catatan aktivitas tiap siswa dalam kegiatan di kelas

No comments:

Post a Comment