Friday, January 23, 2015

UJIAN NASIONAL TAHUN 2015

Halo pemirsa, kali ini ada informasi terbaru dan terhangat seputar ujian nasional, berita ini admin dapat dari FP nya Kementrian Penidikan dan Kebudayaan RI, langsung saja ini dia informasinya :

sumber gambar : google
Tiga Perubahan Ujian Nasional Mulai Tahun Ini :
Pertama, UN tidak digunakan sebagai penentu kelulusan.
Kedua, ke depan UN dapat ditempuh lebih dari satu kali. 
Ketiga, UN harus diambil minimal satu kali.
"Kelulusan sepenuhnya diputuskan oleh sekolah. Bukan hanya pada beberapa mata pelajaran, tetapi semua aspek pembelajaran termasuk komponen perilaku anak di sekolah.
Peserta didik yang hasil ujiannya kurang maka dia memiliki kesempatan untuk memperbaiki dan mengambil ujian ulang. Tujuan UN bukan untuk menjadi hakim, tetapi menjadi alat pembelajaran. 
Mendikbud mengatakan, ujian ulang untuk pelaksanaan UN pada tahun ini dilaksanakan pada tahun depan. "Di tahun ini kita tidak menyelenggarakan ujian ulang karena secara logistik belum siap. Konsep ini diterapkan tahun depan," katanya.
Menteri Anies menambahkan, mulai tahun depan UN dapat dilaksanakan di awal semester terakhir. "Pada semester terakhir kita sudah bisa mengantisipasi ke mana seorang anak meneruskan kegiatannya pasca SMA," katanya.
Mendikbud mengatakan, UN disepakati untuk digunakan sebagai salah satu bahan pertimbangan seleksi mahasiswa baru. "Nanti ada surat resmi untuk itu," katanya.
JADWAL PELAKSANAAN UN 2015
Jadwal penyelenggaraan UN SMA/sederajat adalah tanggal 13 s.d. 15 April 2015, 
dengan jadwal pengumuman hasil UN pada tanggal 18 Mei 2015. 
Adapun jadwal UN SMP/sederajat adalah tanggal 4 s.d. 7 Mei 2015, 
dengan jadwal pengumuman hasil UN pada tanggal 10 Juni 2015.
Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud Nizam menyampaikan, UN akan dijadikan sesuatu yang bermakna bagi orang tua, peserta didik, dan guru. 
sumber :FP kementrian pendidikan dan kebudayaan RI

No comments:

Post a Comment